Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit oleh Ns. Mariasi, S.Kep dan Tim PKRS dengan Materi “Peraturan (PPI) Pencegahan dan Pengendalian Infeksi bagi Pasien dan kelua

Pada hari Kamis, 5 Oktober 2017┬ábertempat di ruang tunggu poliklinik rawat jalan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dilaksanakan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit oleh Ns. Mariasi, S.Kep dan Tim PKRS dengan Materi “Peraturan (PPI) Pencegahan dan Pengendalian Infeksi bagi Pasien dan Keluarga Pengunjung Rumah Sakit.

 

 

 

 

 

 

Ibu mariasi menjelaskan mengenai pentingnya kebersihan tangan serta bagaimana akibat yang timbulkan apabila kita tidak cuci tangan terutama setelah berkunjung ke rumah sakit.

Selain itu dijelaskan tentang etika batuk / bersin dimana setiap individu yang sakit tidak boleh batuk / bersin sembarangan karena bakteri yang disebarkan melalui batuk / bersin sangat banyak sekali menyebar disekitar hingga jarak 3 meter. Sebaiknya apabila batuk / bersin menggunakan lengan bagian dalam, gunakan tisu yang kemudian langsung dibuang ke bak sampah, gunakan masker, serta segeralah cuci tangan karena partikel bakteri sudah menempel di tangan.

Bagi anak dibawah usia 12 tahun hendaknya jangan dibawa ke rumah sakit untuk berkunjung karena rentan terkena berbagai penyakit menular di rumah sakit, kecuali dalam keadaan terpaksa atau berobat.

Juga dijelaskan untuk seluruh pengunjung supaya menjaga kebersihan seluruh kawasan rumah sakit dengan tidak membuang sampah sembarangan guna tetap menjaga Adipura yang telah diperoleh Kota Kuala Kapuas Kota Air (Aman, Indah, dan Ramah).

Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit tentang Karang Gigi oleh drg. Krisma Novelianty dan Tim PKRS dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas

Pada hari Kamis, 5 Oktober 2017 bertempat di ruang tunggu poliklinik rawat jalan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dilaksanakan penyuluhan tentang Karang Gigi oleh drg. Krisma Novelianty dan Tim PKRS.

drg. Krisma menjelaskan bahwa karang gigi merupakan kotoran dalam mulut yang menempel pada gigi dalam waktu lama yang mengeras dan membatu sehingga tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggosok gigi ataupun obat kumur.

Apabila karang gigi tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulut seperti radang gusi (gingivitis), radang jaringan penyangga gigi (periodontitis) sehingga menyebabkan gigi goyang kemudian lepas/tanggal.

Karang gigi dapat diatasi dengan dilakukan pembersihan karang gigi (scalling) oleh dokter gigi atau perawat gigi. Poliklinik Gigi RSUD Kapuas melayani tindakan pembersihan karang gigi (scalling) dan untuk pasien BPJS ditanggung satu kali dalam setahun dengan membawa surat rujukan dari puskesmas atau dokter keluarga BPJS.

Penyuluhan Bahaya Rokok dan Sosialisasi Perda Kapuas No. 4 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok

Pada hari Rabu, tanggal 27 September 2017 bertempat di ruang tunggu poliklinik rawat jalan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dilaksanakan penyuluhan tentang Bahaya Rokok oleh dr. Erny Indrawati.

Selain itu, Tim PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) juga mensosialisasikan tentang Peraturan Daerah Kapuas No. 4 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok, yang menjelaskan bahwa dilarang merokok di Tempat Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit), dan apabila melanggar akan dikenakan sanksi berupa pidana kurungan dari 3 hari hingga 3 minggu atau denda mulai Rp. 1 juta sampai Rp. 15 juta rupiah.

Bagi masyarakat Kuala Kapuas yang ingin berhenti merokok dapat melakukan terapi berhenti merokok ke Poliklinik Rawat Jalan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dengan dr. Safira A. Tjandrasari, Sp.KJ.

 

GEBYAR AKREDITASI RS KAMI

Sebagai pelayan masyarakat kami terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat. Workshop dan pelatihan terus kita upayakan untun meningkatkan keahlian dan keterampilan petugas pelayanan kami.

bhd

Akreditasi rumah sakit dengan 5 pelayanan yang telah kita raih pada tahun 2012 tidak lantas membuat kita berbangga hati, kita tetap maju untuk terus meningkatkan kualitas layanan.

Saat ini kita fokus untuk mendapatkan akreditasi RS versi 2012, semua kita bersemangat untuk meraih ini dari perangkat yang paling dasar sampai yang paling tinggi  sama2 bersinergi.

cuci tangan

Dalam setiap kesempatan, dalam setiap pertemuan kita terus mengasah keterampilan dan pengetahuan yang berhubungan dengan akreditasi

cuci tangan2

Workshop menjadi sarana utama untuk transfer knowledge dan keterampilan untuk meraih akreditasi RS

workshop

Dengan akreditasi ini kami berharap pelayanan kami dapat memuaskan anda semua dan dapat melindungi kami dari ekses sampingan dari pelayanan kami.

SELAMAT BERJUANG KAWAN-KAWAN! SUKSES UNTUK KITA SEMUA!