Kegawatdaruratan Bedah – dr. Ade Rompas, Sp.B

Pada hari Selasa, 30 Mei 2017 dr. Ade Rompas, Sp.B menyampaikan materi tentang Kegawatdaruratan Bedah yang sering ditemukan di Instalasi Gawat Darurat. Presentasi ini disampaikan dalam pertemuan komite medik yang dihadiri oleh pihak manajemen RS, dokter spesialis, dokter umum, dan dokter internsip.

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan secara rutin dimana para spesialis bergantian menyajikan kasus-kasus kegawatan yang sering terjadi sesuai dengan spesialisasi masing-masing. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan para dokter umum yang jaga di IGD dan memperbaiki pelayanan.

dr. Safira, ketua komite medik baru

Pada hari Selasa, 9 Mei 2017 bertempat di aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dilaksanakan serah terima jabatan ketua komite medik. Ketua yang lama dr. Rintho Alexander Tangkudung, SpB menyerahkan tampuk pimpinan pada dr. Safira Amira Tjandrasari, SpKJ.

Dalam sambutannya dr. Rintho bercerita tentang bagaimana beliau dulu dipilih secara aklamasi dan tidak ada acara serah terima karena ketua yang lama sudah pergi. Beliau merintis pembuatan berbagai aturan dan standar operasional prosedur terkait komite medis.

Beliau mengusulkan agar komite medik dilibatkan dalam berbagai pengambilan keputusan di RS. Beliau juga berharap bahwa manajemen terus mendukung komite medik.

Ketua yang baru dr. Safira menyebutkan bahwa beliau pada awalnya keberatan dengan pemilihan dirinya. Namun setelah menghadap direktur, akhirnya bisa menerima hasil pemilihan ini. Beliau berharap komite medik bisa menjadi wadah untuk perbaikan pelayanan.

Beliau berharap teman-teman sejawat dapat hadir lebih banyak dalam pertemuan komite medik. Beliau mengharapkan dukungan dari semua pihak.

Plt. Direktur dr. Agus Waluyo, MM menyampaikan selamat kepada ketua baru dan terima kasih kepada ketua yang lama. Komite Medik menjadi penghubung antara tenaga medis dengan direktur. Beliau berjanji untuk menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan tenaga medis. Beliau juga mohon maaf bila selama ini belum bisa memfasilitasi sepenuhnya.

Beliau mengajak komite medis untuk melakukan audiensi langsung dengan Bupati. Ketua baru diharapkan dapat lebih aktif. Komite medik juga diharapkan untuk mendukung program akreditasi.

Pertemuan Komite Medik Dengan Direktur

Direktur (kiri) dan Ketua Komite Medik (dr. Rintho)
Direktur (kiri) dan Ketua Komite Medik (dr. Rintho)

Pada hari Selasa, 7 Juli 2015 bertempat di aula rumah sakit diselenggarakan kegiatan pertemuan komite medik dengan direktur. Dalam pertemuan ini direktur menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para dokter spesialis diantaranya mengenai:

  • Penyediaan infuse pump di ruang perinatologi
  • Pemetaan kuman di semua ruangan
  • Perombakan ruangan poliklinik mata dan penyediaan wastafel
  • Penyediaan alat-alat THT
  • Penyediaan ruang perawatan jiwa tahun 2016
  • Penyediaan uang lembur untuk tenaga kontrak

Audit Medis Kasus Kebidanan

IMG-20150609-00417
dr. Ruth (kiri) dan dr. Rintho
IMG-20150609-00418
Peserta audit medis

Pada hari Selasa, 9 Juni 2015 bertempat di aula rumah sakit dilaksanakan kegiatan Audit Medis Kasus Kebidanan. Hasil audit ini disampaikan oleh dr. Ruth Widhiarti R. Putri, SpOG. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dokter jaga IGD dan bidan PONEK.

Beberapa rekomendasi dari audit ini adalah:

  1. Membuat PONEK sebagai instalasi tersendiri terlepas dari IGD RS dengan SDM yang benar-benar telatih.
  2. Pembuatan dan penyediaan melengkapi yang blumm tersedia (SOP SPM, PPK, Clinical Pathway di PONEK)
  3. Pelatihan obstetri emergensi tim PONEK
  4. Pelatihan membuat catatan medik yang benar enunjang akreditasi RS untuk semua dokter dan perawat serta yang berkepentingan mengisi RM
  5. Membuat komitmen dan kesepakatan cara berkonsultasi antara dokter jaga dan dokter spesialis
  6. Bimbingan tentang patient safety.

Menanggapi hasil audit medik ini, pihak manajemen berjanji untuk membantu semua rekomendasi yang sudah dihasilkan dalam audit medis ini.

Pameran Mobil di Rumah Sakit

Petugas BCA Finance melakukan sosialisasi
Petugas BCA Finance melakukan sosialisasi

Di sela-sela kegiatan komite medik Selasa, 24 Februari 2015 petugas dari BCA Finance menyampaikan sosialisasi tentang lembaga pembiayaan ini. Pada saat ini beliau menyampaikan bahwa mereka menawarkan cicilan mobil kepada para dokter.

Mobil yang dipamerkan di depan IGD
Mobil yang dipamerkan di depan IGD

Mobil Xenia, Ayla dan Avanza dipamerkan di depan instalasi gawat darurat. Pameran ini hanya berlangsung satu hari.

“Cost-effective” dalam pemeriksaan laboratorium

Dokter Gusti menyampaikan presentasi
Dokter Gusti menyampaikan presentasi

Pada hari Selasa, 24 Februari 2015 bertempat di aula rumah sakit, dr. Gusti Hariyadi Maulana, M.Sc, Sp.PD menyampaikan bahwa para dokter harus benar-benar cermat melakukan interpretasi terhadap hasil pemeriksaan laboratorium. Beliau mencontohkan kasus hasil pemeriksaan urin dari pasien yang kalau tidak teliti bisa diinterpretasikan sebagai infeksi saluran kemih. Tapi bila dipelajari lebih dalam, misalnya dengan menanyakan bagaimana cara pengambilan sampelnya, maka interpretasinya bisa berbeda. Beliau mengharapkan agar dokter rumah sakit lebih teliti lagi melakukan interpretasi terhadap hasil lab.