Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit tentang Karang Gigi oleh drg. Krisma Novelianty dan Tim PKRS dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas

Pada hari Kamis, 5 Oktober 2017 bertempat di ruang tunggu poliklinik rawat jalan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dilaksanakan penyuluhan tentang Karang Gigi oleh drg. Krisma Novelianty dan Tim PKRS.

drg. Krisma menjelaskan bahwa karang gigi merupakan kotoran dalam mulut yang menempel pada gigi dalam waktu lama yang mengeras dan membatu sehingga tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggosok gigi ataupun obat kumur.

Apabila karang gigi tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulut seperti radang gusi (gingivitis), radang jaringan penyangga gigi (periodontitis) sehingga menyebabkan gigi goyang kemudian lepas/tanggal.

Karang gigi dapat diatasi dengan dilakukan pembersihan karang gigi (scalling) oleh dokter gigi atau perawat gigi. Poliklinik Gigi RSUD Kapuas melayani tindakan pembersihan karang gigi (scalling) dan untuk pasien BPJS ditanggung satu kali dalam setahun dengan membawa surat rujukan dari puskesmas atau dokter keluarga BPJS.