Penyuluhan Kesehatan Geriatri dan Senam Jum’at Sehat bersama Persadia

Pada hari Jum’at, 30 Nopember 2018 Pukul 06.00 WIB, Kegiatan Rutin PKMRS (Promosi Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit), bertempat di Lapangan Parkir RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kab. Kapuas dilaksanakan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit Geriatri oleh dr. Erny Indrawati, beserta Tim PKRS dengan Materi Penyuluhan tentang “Penyakit – penyakit Pada Usia Lanjut” dilanjutkan dengan senam diabetes / manula bersama Komunitas Persadia.

Pada kesempatan itu dr. Erny menjelaskan, akibat keberhasilan pembangunan kesehatan sehingga terjadi penurunan angka kelahiran, angka kesakitan dan angka kematian serta peningkatan angka harapan hidup penduduk Indonesia, akibatnya terjadi peningkatan penduduk usia lanjut.
Pada usia berapa penduduk Indonesia dikatakan usia lanjut ? jawabannya adalah pada usia ≥ 60 tahun.
Peningkatan jumlah penduduk usia lanjut berdampak pada peningkatan masalah kesehatan tersendiri bagi Indonesia hal ini dikarenakan masalah kesehatan pada usia lanjut memiliki kekhususan . Proses menua mengakibatkan berkurangnya fungsi berbagai organ tubuh.
Diketahui bahwa penyakit dan kesehatan pada usia lanjut tidaklah sama dengan penyakit dan kesehatan pada usia lainnya, yaitu dalam hal :
1. Penyakit pada usia lanjut bersifat multipel (lebih dari 1 macam penyakit)
2. Penyakit biasanya berjalan kronis, menimbulkan kecacatan dan lambat laun menyebabkan kematian
3. Usia lanjut juga sangat rentan terhadap berbagai penyakit akut, serta diperberat dengan kondisi daya tahan yang menurun
4. Kesehatan usia lanjut juga sangat dipengaruhi oleh factor psikis, sosial dan ekonomi
5. Pada usia lanjut seringkali didapat penyakit iatrogenic (akibat banyak obat-obatan yang dikonsumsi)

Berbagai masalah kesehatan bisa terjadi di hari tua karena kebiasaan buruk yang dilakukan bertahun-tahun selama masa muda, misalnya : makan makanan yang berlemak, merokok, minum-minuman keras, kurang beraktivitas.
Beragam kondisi dan penyakit pada usia lanjut dapat menyebabkan gangguan pada daya ingat, kesulitan menahan buang air, tubuh semakin lemah, atau mengalami gangguan kesehatan akibat efek samping pengobatan tertentu.


Berbagai penyakit pada usia lanjut
Penyakit Jantung
Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian pada usia di atas 65 tahun dengan faktor-faktor risiko seperti hipertensi, dan kolesterol tinggi. Mengonsumsi makanan sehatbergizi simbang, olahraga, dan istirahay cukup adalah cara utama untuk mengelola kondisi kronis tersebut
Artritis (radang sendi)
Sebagian lansia di atas 65 tahun mengalami artritis (radang sendi) yang dapat membuat aktivitas mereka terganggu. Penting untuk berkonsultasi ke dokter sehingga mendapat penanganan yang tepat.
Kanker
Risiko kanker umumnya meningkat seiring pertambahan usia. Lebih dari 20% lansia di atas 65 tahun hidup dengan kanker. Kondisi tersebut sebenarnya dapat ditangani dengan deteksi dini melalui pemeriksaan seperti : PAP smear, SADARI, MAMMOGRAFI.
Demensia
Demensia dapat menyebabkan gangguan ingatan, berpikir, dan tingkah laku yang kemudian mempengaruhi aktivitas sehari-hari

Obesitas (kegemukan)
Obesitas berhubungan erat dengan penyakit-penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, kencing manis, dan penyakit kandung empedu. Mengurangi konsumsi gula dan makanan mengandung lemak jenuh adalah salah satu kunci utama mencegah dan menangani obesitas
Osteoporosis (tulang keropos)
Penurunan massa tulang dan osteoporosis banyak dialami pada usia 50 tahun ke atas. Gaya hidup sehat seperti olahraga, tidak merokok, dan mengonsumsi minuman keras, membatasi makanan yang tinggi kadar asam, serta mengonsumsi cukup makanan yang mengandung kalsium dapat membantu lansia mengelola kondisi ini.
Patah tulang
Para lansia sering mengalami jatuh hingga patah tulang, hal ini bisa dikarenakan gangguan keseimbangan, ditambah lansia banyak yang osteoporosis (tulang keropos)
Diabetes mellitus (kencing manis)
Semakin bertambah usia, mengendalikan kadar gula darah menjadi sangat penting

Pertanyaannya sekarang apakah setiap lansia harus mengalami berbagai macam penyakit-penyakit tersebut ?
Jawabannya adalah : TIDAK
menjaga berat badan agar tetap normal adalah salah satu langkah utama untuk mencegah penyakit kronis seperti kanker dan diabetes. Dengan mengelola gaya hidup sehat sedini mungkin, lansia tetap dapat hidup nyaman dan produktif di usia senja.

Jadi akhirnya … kita boleh menua tetapi
MENUA SEHAT
Diikuti
MENUA AKTIF
Selanjutnya
MENUA PRODUKTIF
Akhirnya
MENUA SUKSES

SALAM SEHAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *