RSUD Kapuas Sigap Menangani KLB Keracunan Makanan Warga Desa Narahan Pulau Petak

KUALAKAPUAS – Ratusan orang warga Desa Narahan Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas terpaksa harus dilarikan ke RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, sejak Jumat (24/5/2019) pagi. Ratusan warga itu diduga keracunan usai menyantap sajian makanan buka puasa bersama yang diadakan di Masjid Nurul Istiqomah, Handel Simpang Aya, Desa Narahan, Kecamatan Pulau Petak, Kamis (23/5/2019) petang.

Gejala keracunan mulai dirasakan para warga saat jam sahur jum’at dinihari. Sejak pagi menjelang siang hingga malam, beberapa unit ambulans silih berganti membawa pasien keracunan ke rumah sakit. Kebanyakan pasien yang datang mengeluh sakit kepala, mual, sakit perut sampai muntah-muntah.

Pihak rumah sakit pun sigap melakukan penanganan terhadap korban yang semakin bertambah, hingga ruang rawat inap tidak mencukupi dan terpaksa dilakukan tindakan pertolongan di lorong -lorong RS, tenda darurat, gazebo, dll, untuk mengutamakan keselamatan nyawa pasien.

Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM. MT didampingi istri dan jajaran SOPD beserta rombongan disambut oleh dr. Agus Waluyo, MM selaku Direktur RSUD Kapuas, langsung meninjau para korban KLB keracunan makanan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo menginstruksikan dinas terkait untuk bekerja sama dalam penanganan korban KLB dan memberitahukan seluruh biaya pengobatan korban ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kapuas.

RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dibantu dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Tagana Kabupaten Kapuas serta Tim Relawan seperti Balakar membangun Tenda Darurat dan dapur umum serta bantuan tenaga medis tambahan untuk kebutuhan pasien dan keluarga pasien yang memerlukan bantuan.

Pasien Kejadian Luar Biasa (KLB) yang masuk ke rumah sakit dan tertangani ada sebanyak 291 orang, terdiri dari anak-anak sebanyak 102 orang dan orang dewasa sebanyak 189 orang. Berdasarkan Rekam Medik RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas , total pasien yang masuk terdiri dari laki-laki 148 dan perempuan sebanyak 143 orang,” kata Direktur RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas dr. Agus Waluyo, MM.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *